Salam

Selamat datang di blog "Kesejukan Hati". Semoga hati Anda bertambah sejuk setelah membaca.

Minggu, 22 Mei 2011

Mari Mencari Ilmu 2

Di dalam AL Quran Surah Al Mujadalah ayat 11 Alloh berfirman, yang artinya "Alloh akan mengangkat derajatnya orang beriman dan orang yang berilmu." Ayat ini memberikan pengertian bahwa orang iman dan orang berilmu memiliki derajat yang tinggi. Ketinggian derajat orang beriman terlihat dari budi pekertinya yang luhur karena setiap insan beriman kepada-Nya niscaya mengikuti apa yang dikehendaki-Nya,yaitu menjadi manusia yang luhur budi. Kelak di akhirat, Surga adalah tempatnya orang-orang yang beriman. Orang yang beriman berderajat tinggi dunia akhirat.
Bagaimana halnya dengan derajat orang yang berilmu? Mari kita lihat realitasnya di dunia ini. Biasanya orang menggunakan parameter pendidikan formal untuk mengukur banyak sedikitnya ilmu seseorang. Maka seorang sarjana akan dianggap lebih banyak ilmunya dari pada lulusan SMA, SMP, atau hanya lulus sekolah dasar. (Meskipun ukuran sukses seseorang tidak dapat dukur dari pendidikan formalnya). Namun tidak dapat dipungkiri, pendidikan formal yang ditempuh orang akan meningkatkan prestise dan status sosialnya. Seorang dokter, seorang dosen, seorang pengacara, seorang arsitek, adalah orang-orang yang berilmu tinggi di bidangnya. Secara umum, derajat mereka akan naik seiring dengan ilmu yang dimiliki.
Nah, di atas adalah contoh derajat orang yang berilmu dari sudut pandang duniawi. Artinya, derajat orang akan bertambah tinggi seiring dengan banyaknya ilmu. Bagaimanakah orang-orang yang ingin memiliki derajat tinggi di akhirat? To be continued ......
Blog yang perlu dibaca pendidik KLIK DI SINI

1 komentar: