Salam

Selamat datang di blog "Kesejukan Hati". Semoga hati Anda bertambah sejuk setelah membaca.

Jumat, 16 Januari 2009

GURU NGEBLOG

Guru sebagai tenaga kependidikan memiliki peran strategis di dalam menyiapkan siswa yang berkompetensi sesuai dengan bidangnya. Untuk itu, prosfesionalitas guru menjadi hal yang sangat mutlak. Salah satu indikator guru profesional adalah guru yang penuh dedikasi di dalam menjalankan tugasnya sebagai guru.

Untuk mewujudkan dedikasinya itu, guru harus mampu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi. Ia harus mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk kepentingan-kepentingan pendidikan. Misalnya dalam memanfaatkan teknologi dunia maya (internet). Internet memberikan manfaat yang sangat besar apabila benar-benar dimaksimalkan penggunaannya. Maksudnya, seorang guru jangan hanya bisa mengakses ilmu pengetahuan dan informasi mutakhir, tetapi juga harus bisa mengambil peran aktif di dalamnya.

Melalui blog, seorang guru sangat mungkin untuk secara produktif aktif melaksanakan tugas profesionalnya. Salah satu contoh, blog digunakan untuk media penuangan ide-ide konservatif, untuk menyimpan/publikasi hasil-hasil penelitiannya, untuk dokumentasi materi pelajaran, dan untuk berinteraksi dengan sesama guru dari seluruh penjuru dunia. Hal ini akan menjdikannya terbiasa bersikap profesional dan ilmiah.

Selain hal di atas, siswa bisa memanfaatkan blog gurunya untuk kepentingan studi. Siswa bisa secara interaktif memilih materi, berkonsultasi, bahkan mengerjakan tugas-tugas serta memberikan saran-saran yang bisa meningkatkan kualitas belajar-mengajar. Kegiatan belajar-mengajar tidak lagi dibatasi oelh ruang dan waktu, sehingga jam tatap muka bisa dimaksimalkan untuk diskusi-diskusi pendalaman materi.

Mengingat begitu banyaknya manfaat seorang guru memiliki blog, saya berpendapat bahwa sudah saatnya guru-guru memilikinya secara pribadi. Hal ini akan dapat meningkatkan kualitas, baik diri guru, siswa, maupun kualitas pengajarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar